Senin, 22 Agustus 2011

silabus inovasi pengelolaan pendidikan



SILABUS BERBASIS KOMPETENSI

Mata Kuliah                         : INOVASI PENGELOLAAN PENDIDIKAN
Kode Mata kuliah                : MP-502
Program Studi                      : Magister Manajemen Pendidikan
Beban Studi/Semester          : 3 SKS/II
Prasyarat                              : -
Pengampu                            : Prof. Dr. Rambat Nur Sasongko;
                                               Prof. Dr. Rohiat, M.Pd.; Dr. Santoso, M.Kes.
                                               Prof. Dr. Syukri Hamzah, Msi

A. MANFAAT MATA KULIAH
Mahasiswa memiliki wawasan, sikap/nilai-nilai, dan keterampilan tentang konsep dasar inovasi pengelolaan pendidikan, standarisasi pengelolaan pendidikan, model inovasi pengelolaan di berbagai lembaga pendidikan, sistem penjaminan mutu, dan solusi permasalahan pendidikan, sehingga dapat mendesain inovasi pengelolaan pendidikan di tempat tugasnya.  

B. DESKRIPSI
Mata kuliah ini mengkaji tentang konsep dasar inovasi pengelolaan pendidikan, standarisasi pengelolaan pendidikan, model inovasi pengelolaan di berbagai lembaga pendidikan, sistem penjaminan mutu, solusi permasalahan, dan desain inovasi pengelolaan pendidikan. 

C. STANDAR KOMPETENSI/TUJUAN PEMBELAJARAN
Mahasiswa mampu mendeskripsikan konsep dasar inovasi pengelolaan pendidikan, standarisasi pengelolaan pendidikan, model inovasi pengelolaan di berbagai lembaga pendidikan, sistem penjaminan mutu, dan solusi permasalahan inovasi pengelolaan, sehingga mampu mendesain inovasi pengelolaan pendidikan di tempat tugasnya. 

D. STRATEGI PERKULIAHAN
Strategi perkuliahan dengan memenuhi prinsip perkuliahan berbasis kompetensi, yakni: (1) berpusat kepada penanaman kompetensi mahasiswa, (2) pembelajaran menyenangkan dan menantang, (3) menekankan kemandirian dan kreativitas mahasiswa, (4) menanamkan nilai-nilai dengan pembelajaran yang mendidik, (5) learning by doing, (6) pembelajaran yang konstruktivistik, dan (7) menggunakan berbagai metode yang bervariasi seperti ceramah/presentasi, diskusi, tanya jawab, latihan, dan pemberian tugas baik secara individu maupun kelompok.

E. MEDIA DAN SUMBER RUJUKAN

1.  Media Perkuliahan
Media perkuliahan yang digunakan yaitu dengan laptop, LCD, software berisi pointer / hand out materi perkuliahan inovasi pengelolaan pendidikan.

2. Sumber Rujukan

Bush, Tony and Bell, Les. 2002. The Principles and Practice of Educational Management. London: Paul Chapman Publishing
BSNP (Badan Standar Nasional Pendidikan). 2007a. Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru. Jakarta
BSNP (Badan Standar Nasional Pendidikan). 2007b. Standar Penilaian. Jakarta
BSNP (Badan Standar Nasional Pendidikan). 2007c. Standar Sarana dan Prasarana Untuk SD/MI, SMP/MTs, dan SMA/MA. Jakarta
Caldwell, Brian J. 2008. Principles and Practices in Resource Allocation to Schools under Conditions of Radical Decentralization. http://nces.ed.gov/surveys/databased/issues2.asp
Depdiknas. 2004. Manajemen Berbasis Sekolah. Jakarta: Dirjen Dikdasmen
Everard, KB; Morris, Geoffrey; and Wilson, Ian. 2004. Effective School Management. London: Paul Chapman Publishing
Gramage, David T. 2008. Three Decades of Implementation of School-Based Management in the Australian Capital Territory and Victoria in Australia. http://nces.ed.gov/surveys/databased/Ed34652312 
Hasbullah. 2006. Otonomi Pendidikan: Kebijakan Otonomi Daerah dan Implikasinya Terhadap Penyelenggaraan Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
House, Ernest R. 1974. The Politics of Educational Innovation. Berkeley, California: Mc-Cutrhan Publishing Corporation
Poster, Cyril. 2005. Restructuring: The Key to Effective School Management. London: Routledge
Rudduck, Jean. 1991. Innovation and Change: Modern Education Thought. Milton Keynes. Philadelphia: Open University Press
Setiawan, Benni. 2008. Agenda Pendidikan Nasional. Jogyakarta: Arruzz Media
Sasongko, Rambat Nur. 2008. Manajemen Berbasis Sekolah: Bahan Kajian Perkuliahan. Bengkulu: Bahan Ajar Prodi MMP Unib
Soyomukti, Nurani. 2008. Pendidikan Berperspektif Globalisasi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Tim Redaksi Nuansa Aulia. 2008. Sistem Pendidikan Nasional: Dilengkapi Peraturan Perundangan yang Terkait. Bandung: Nuansa Aulia
Zainuddin. 2008. Reformasi Pendidikan: Kritik Kurikulum dan Manajemen Berbasis Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

F. SISTEM PENILAIAN

1. Jenis Penilaian
a. Kehadiran dan partisipasi mahasiswa dalam perkuliahan
b. Penugasan kepada mahasiswa berupa:
1)      Membuat chapter report buku inovasi  (tugas kelompok)
2)      Membuat makalah berupa desain implementasi inovasi pengelolaan pendidikan (tugas individu).
c.       Ujian Tengah Semester (UTS)
d.      Ujian Akhir Semester (UAS)

2. Pembobotan Nilai
No
Aspek yang Dinilai
Bobot Penilaian
1
Kehadiran dan partisipasi dalam kuliah
5 %
2
Tugas
30 %
3
Ujian Tengah Semester (UTS)
30 %
4
Ujian Akhir Semester (UAS)
35 %
Jumlah pembobotan penilaian
100 %

3. Cara Penilaian dan Indikator Kelulusan:
        Cara penilaian dilakukan secara mutlak dalam bentuk huruf
    A =80-100;   B= 70-79;  C= 59-69;  D= 45-55;  E=<44
    Mahasiswa dinyatakan lulus, jika minimal memperoleh nilai C= 56

G. GARIS BESAR PERKULIAHAN
Minggu
Ke:
Kompetensi Dasar    
Pokok Bahasan
Sub Pokok Bahasan
1
Mampu mendeskripsikan konsep dasar inovasi pengelolaan pendidikan
Konsep dasar inovasi pengelolaan pendidikan
a.   Latar belakang pentingnya inovasi pengelolaan pendidikan
b.   Pengertian, tujuan dan manafaat
c.   Karakteristik inovasi pengelolaan pendidikan
d.   Prinsip inovasi pengelolaan pendidikan
e.   Politik inovasi pengelolaan pendidikan
f.    Inovasi pengelolaan pendidikan sebagai kultur di lembaga pendidikan
2
Mampu menganalisis sistem pendidikan nasional
Sistem Pendidikan Nasional
a. UU No.20/2003 tentang Sisdiknas
b. Kebijakan pendidikan nasional
c. Desentralisasi pendidikan

3,4
Mampu mendeskripsikan standarisasi pengelolaan pendidikan
Standarisasi pengelolaan pendidikan
a.   PP 19/2005 Standar Nasional Pendidikan
b.   Standar isi, proses, kompetensi lulusan, pendidik dan tenaga kependidikan, sarana dan prasarana, pengelolaan, pembiayaan, penilaian, BSNP, evaluasi, akreditasi, sertifikasi, dan penjaminan mutu
5,6
Mampu mengevaluasi model inovasi pengelolaan pendidikan nasional
Model inovasi pengelolaan pendidikan nasional
a.   MBS dan MPMBS
b.   Sekolah Unggul
c.   Sekolah Standar Nasional
d.   Sekolah Standar Internasional
e.   Badan Hukum Pendidikan (BHP)
f.    Badan Layanan Umum (BLU)
g.   Inovasi pendidikan di beberapa negara
7
Mampu mengevaluasi implementasi MBS
Evaluasi implementasi MBS
a.   Desain implementasi MBS
b.   Faktor yang mempengaruhi kinerja lembaga pendidikan
c.   Indikator keberhasilan MBS: kewewenangan, otonomi, akuntabilitas, transparansi, produktivitas dan efisiensi, jaminan mutu, pemberdayaan stakeholders, kepuasan pelanggan
d.   Pengukuran sistem lembaga pendidikan ditinjau dari sistem pengelolaan (konteks, input, proses, output, outcome, benefit, impact)
e.   Sekolah negeri vs swasta, sekolah vs madrasah, kota vs desa
f.    Permasalahan implementasi dan solusi di sekolah
8
UTS
UJIAN TENGAH SEMESTER

9
Mampu menganalisis inovasi pengelolaan pendidikan di sekolah dan luar sekolah
Inovasi pengelolaan pendidikan di sekolah dan luar sekolah (non formal)
a.   Analisis inovasi fungsi pengelolaan (perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, monev)
b.   Analisis inovasi substansi (kurikulum, kesiswaan, personalia, sarana dan prasarana, pembiayaan, humas, manajemen sekolah)
c.   Sekolah formal dan non formal
d.   Permasalahan dan solusi inovasi pengelolaan pendidikan di sekolah
10
Mampu menganalisis inovasi pengelolaan pendidikan di perguruan tinggi
Inovasi pengelolaan pendidikan di perguruan tinggi
a.   Analisis inovasi fungsi pengelolaan (perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, monev)
b.   Analisis inovasi substansi (kurikulum, kesiswaan, personalia, sarana dan prasarana, pembiayaan, humas, manajemen PT)
c.   PT BHMN, PTN, PTS, UT
e.   Permasalahan dan solusi inovasi pengelolaan pendidikan di PT
11,12
Mampu menganalisis inovasi pengelolaan pendidikan di lembaga keagamaan
Inovasi pengelolaan pendidikan di lembaga keagamaan
a.   Inovasi pengelolaan pendidikan di pesantren
b.   Inovasi pengelolaan di madrasah
c.   Inovasi pengelolaan di PT (STAIN, UIN)
d.   Inovasi pengelolaan pendidikan di lembaga agama Kristen, Hindu, Budha 
13
Mampu mendeskripsikan sistem penjaminan mutu
Sistem penjaminan mutu  

a.   Desain sistem penjaminan mutu di lembaga pendidikan
b.   LPMP
c.   Audit internal dan eksternal
d.   Akreditasi 
e.   BAS dan BAN PT
14,15
Mampu merumuskan permasalahan, solusi, dan desain inovasi pengelolaan pendidikan
Permasalahan,  solusi, dan desain inovasi pengelolaan pendidikan

a.   Permasalahan-permasalahan dalam inovasi di sekolah (internal dan eksternal)
b.   Solusi permasalahan inovasi
c.   Desain inovasi pengelolaan pendidikan
16
UAS
UJIAN AKHIR SEMESTER

    
                                                                               Bengkulu, 2 Februari 2011
Mengetahui                                                             Pengampu,
Direktur Prodi MMP Unib,
Rambat Nur Sasongko                                            Rambat Nur Sasongko, Rohiat,
NIP 19611207.198601.1.001                                   Santoso, Syukri Hamzah

5 komentar:

  1. siap pak ..ini kita lagi ngerjakan tugas dari bapak tentang desain inovasi pengelolaan pendidikan

    BalasHapus
  2. Sudah saatnya semua insan pendidikan mendapatkan materi ini. bagi yang belum belum beruntung mengecap kuliah ini,tugas kita untuk bagi-bagi ilmu...Trims Pak...,refdianora

    BalasHapus
  3. sudah seharusnya kita melaksanakan inovasi-inovasi yang terbaik untuk pendidikan. Herna Novianti

    BalasHapus
  4. Ya sangat mendukung program pembangunan sekolah miskin,Jadi perlu adanya kerja sama dari pihak pemerintah,Kepala Sekolah,guru serta steak Holder yang ada dilingkungan sekolah tesebut untuk memajukan sekolah tersebut sesuai dengan cita-cita bangsa Indonesia.

    BalasHapus
  5. Assalamualaikum Wr Wb
    Membaca hasil penelitian yang bapak lakukan membuktikan bahwa sesungguhnya masih banyak sekolah miskin yang ada di Indonesia terutama di bengkulu, dimana miskin tidak hanya dari kekurangan tenaga pendidik tapi juga kekurangan dari segi sarana dan prasarana, termasuk di sekolah saya yang terletak di desa embong sido kec, bermani ilir, kab, kepahiang juga termasuk salah satu sekolah yang sangat kurang sarana prasarana dan juga letaknya yang sangat jauh dari pusat kabupaten dan juga jumlah siswa yang sangat minim. dengan adanya penelitian yang bapak lakukan ini diharapkan agar pemerintah memberikan perluasan dan pemerataan pendidikan di daerah terpencil, memberikan bantuan sarana dan prasarana dan juga memberikan reward bagi guru yang bersedia mengajar di daerah terpencil.

    BalasHapus